TIK  Berganti nama Menjadi INFORMATIKA : Andi Adri Sembiring, S.Kom, S.Pd

Dalam perangkat pembelajaran TIK terdapat Kompetensi Inti terdiri atas 4 (empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (keterampilan). Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada Mata Pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan, tetapi hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Sedangkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial pada mata pelajaran TIK/Informatika tidak dirumuskan namun menjadi fondasi dalam pembelajaran TIK/Informatika. Kompetensi spiritual dan sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung.

Target linkup TIK/informatika K13 SMA

  • Aplikasi Pengolah Angka
  • Aplikasi Pengolah Grafis
  • Aplikasi Pengolah Kata
  • Aplikasi Pengolah Presentasi
  • Aplikasi File Explorer
  • Produk TIK (piranti spt IoT)
  • Aplikasi Media Sosial
  • Aplikasi Pengelola Web Content

Di tingkat SMA, pembelajaran Informatika dilakukan melalui problem solving dan pengembangan program komputer mengacu ke proses enjinering dipraktekkan peserta didik dalam rangka membangun pengetahuan baru serta membentuk keseimbangan antara keterampilan dan sikap ilmiah. Kerja dengan proses enjinering selain sebagai proses pembelajaran juga sebagai keterampilan proses yang harus dibentuk dalam proses pembelajaran.